FATWA DAN PENDAPAT ULAMA BESAR NAN
AGUNG SEPUTAR MAULID NABI
Berikut ini beberapa pendapat dan
fatwa dari ulama kaum Muslimin yang kami kutip dari kitab-kitab ulama muktabar,
namun masih banyak lagi yang belum sempat kami kutipkan ;
Pendapat Al-Imam Hasan
Al-Bashriy Qaddasallahu Sirrah (wafat 116 H) yaitu generasi salafush shaleh dan
ayah beliau adalah pelayan Sahabat Zaid bin Tsabit (penulis wahyu). Imam
Hasan Al-Bashriy pernah berjumpa sekitar 100 sahabat Nabi. Menurut Qatadah,
Imam Hasan paling tahu tengtang jala dan haram, pendapatnya seperti Sahabat
Umar bin Khatththab radliyallahu ‘anh, menjadi rujukan dalam bertanya. Menurut
Hisyam bin Hasan, Imam Hasan Al-Bashriy adalah paling pandai dimasanya dan
menurut Abu Umar bin al-‘Ala’, orang yang sangat fashih. Beliau mengatakan
tentang betapa istimewanya Maulid Nabi,
قال الحسن البصري، قدس الله سره: وددت
لو كان لي مثل جبل أحد ذهبا لانفقته على قراءة مولد الرسول “Seandainya aku
memiliki emas seumpama gunung Uhud, niscaya aku akan menafkahkannya (semuanya)
kepada orang yang membacakan Maulid ar-Rasul”. [1]
Pendapat Al-Imam Ma’aruf
Al-Kharkhiy Qaddasallahu Sirrah (wafat 200 H), beliau juga termasuk generasi
salafush shaleh yang alim, zuhud dan terkenal dikalangan fukaha’ sebagai
orangyang fakih. Beliau mengungkap peringatan Maulid Nabi yang terjadi
dimasa beliau, keistimewaan serta balasan bagi orang yang memperingati Maulid
Nabi,
قال معروف الكرخي قدس الله سره: من
هيأ لاجل قراءة مولد الرسول طعاما، وجمع إخوانا، وأوقد سراجا، ولبس جديدا، وتعطر
وتجمل تعظيما لمولده حشره الله تعالى يوم القيامة مع الفرقة الاولى من النبيين،
وكان في أعلى عليين “Al-Imam Ma’aruf Al-Kurkhiy Qaddasallahu sirrah, barangsiapa
menyajikan makanan untuk pembacaan Maulid ar-Rasul, mengumpulkan
saudara-saudaranya, menghidupkan pelita dan memakai pakaian yang baru dan
wangi-wangian dan menjadikannya untuk mengagungkan kelahirannya (Maulid Nabi),
maka Allah akan membangkitkan pada hari qiyamat beserta golongan yang utama
dari Nabi-Nabi , dan ditempatkan pada tempat (derajat) yang tinggi”. [2]
Pendapat Al-Imam Agung
Nashirus Sunnah Asy-Syafi’i Rahimahullah (wafat 204 H). Beliau menuturkan
bahwa peringatan Maulid Nabi dilakukan dengan berjamaah dan disediakan makanan
sebagai rasa cinta kepada Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam, serta beliau juga
menuturkan keutamaan orang yang memperingatinya,
قال الشافعى رحمه الله من جمع لمولد
النبى صلى الله عليه وسلم اخوانا وتهياء لهم طعاما وعملا حسانا بعثه الله يوم
القيامة مع الصديقين والشهداء والصالحين “Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah
berkata, “barangsiapa yang mengumpulkan orang untuk melaksanakan perayaan
Maulid Nabi (صلى الله عليه وسلم) karena kecintaan (ikhwanan) secara berjama’ah
dengan menyediakan makanan dan berlaku baik, niscaya Allah bangkitkan di hari
kiamat beserta para ahli kebenaran, syuhada dan para shalihin”.[3]
Pendapat Al-‘Arif Billah
Al-Imam As-Sirriy As-Saqathiy Qaddasallahu Sirrah (wafat 257 H). Termasuk
generasi salafush shaleh yaitu generasi tabiut tabi’in, seorang yang sangat
berpendirian teguh, wara, sangat alim dan ahli ilmu tauhid. Beliau mengungkapkan
keutamaan memperingati Maulid Nabi karena kecintaan kepada Rasulullah dan kelak
akan bersama dengan Rasulullah,
وقال السري السقطي: من قصد موضعا يقرأ
فيه مولد النبي (صلى الله عليه وسلم) فقد قصد روضة من رياض الجنة لانه ما قصد ذلك
الموضع إلا لمحبة الرسول. وقد قال عليه السلام: من أحبني كان معي في الجنة
“Imam As-Sirry As-Saqathiy berkata, barangsiapa yang menyediakan tempat untuk
dibacakan Maulid Nabi (صلى الله عليه وسلم), maka sungguh dia menghendaki
“Raudhah (taman)” dari taman-taman surga, karena sesungguhnya tiada dia
menghendaki tempat itu melainkan karena cintanya kepada Rasul. Dan Sungguh
Rasul (صلى الله عليه وسلم) bersabda : “barangsiapa mencintaiku, maka dia akan
bersamaku didalam surga”. [4]
Pendapat Al-Imam Junaid
Al-Baghdadiy Rahimahullah (wafat 297 H), masih termasuk generasi shalafuh
shaleh. Beliau menuturkan beruntungnya keimanan seseorang yang menghadiri
Maulid Nabi,
قال الجنيدي البغدادي رحمه الله: من
حضر مولد الرسول وعظم قدره فقد فاز بالايمان “Imam Junaid al-Baghdadiy
rahimahullah berkata, barangsiapa yang menghadiri Maulid ar-Rasul dan
mengagungkannya (Rasulullah), maka dia beruntung dengan keimanannya” [5]
Pendapat Al-Imam Ibnu Jauziy
Rahimahullah, beliau menuturkan tentang keutamaan Maulid Nabi sebagai
berikut,
قال ابن الجوزي رحمه الله تعالى من
خواصه أنه أمان في ذلك العام وبشرى عاجلة بنيل البغية والمرام “Al-Imam Ibnu
Jauziy Rahimahullah berkata, diantara keistimewaan Maulid Nabi adalah keadaan
aman (pencegah mushibah) pada tahun itu, kabar gembira serta segala kebutuhan
dan keinginan terpenuhi” [6]
Pendapat Al-Imam Abu Syamah
Rahimahullah (wafat 655 H). Beliau ulama agung bermadzhab Syafi’i dan merupakan
guru besar dariAl-Imam Al-Hujjah Al-Hafidz Asy-Syekhul Islam An-Nawawiy
Ad-Damasyqiy Asy-Syafi’I Rahimahullah. Al-Imam Abu Syamah menuturkan,
قال الامام أبو شامة شيخ المصنف رحمه
الله تعالى: ومن أحسن ما ابتدع في زماننا ما يفعل في كل عام في اليوم الموافق ليوم
مولده (صلى الله عليه وسلم): من الصدقات والمعروف وإظهار الزينة والسرور، فإن ذلك
مع ما فيه من الاحسان إلى الفقراء يشعر بمحبة النبي (صلى الله عليه وسلم) وتعظيمه
وجلالته في قلب فاعل ذلك، وشكر الله تعالى على ما من به من إيجاد رسوله الذي أرسله
رحمة للعالمين “dan sebagus-bagusnya apa yang diada-adakan pada masa sekarang
ini yaitu apa yang dikerjakan (rayakan) setiap tahun dihari kelahiran (Maulid)
Nabi dengan bershadaqah, mengerjakan yang ma’ruf, menampakkan rasa kegembiraan,
maka sesungguhnya yang demikian itu didalamnya ada kebaikan hingga para fuqara’
membaca sya’ir dengan rasa cinta kepada Nabi, mengagungkan beliau, dan
bersyukur kepada Allah atas perkara dimana dengan (kelahiran tersebut) menjadi
sebab adanya Rasul-nya yang diutus sebagai rahmat bagi semesta alam” [7]
Pendapat Al-Imam
Al-Muhaddits Al-Hafidz Al-Musnid Al-Jami’ Abul Khair Syamsuddin Muhammad Ibnu
Abdullah Al-Jazariy Asy-Syafi’i (wafat 660 H). Beliau adalah guru dari para
Qurra’ (Ahli baca Al-Qur’an) dan Imam Qira’at pada zamannnya. Beliau memiliki
karya Maulid yang masih berupa manuskrip (naskah tulisan tangan) yang berjudul
“ ‘Arfut Ta’rif bi Al-Maulidi Asy-Syarif”. Beliau mengatakan bahwa orang yang
memperingati Maulid Nabi sangat pantas untuk menampati surga yang penuh
kenikmatan,
فإذا كان أبو لهب الكافر الذي نزل
القرآن بذمه جوزي في النار بفرحه ليلة مولد النبي صلى اله عليه وسلم به فما حال
المسلم الموحد من أمة النبي صلى الله عليه وسلم يسر بمولده ويبذل ما تصل إليه
قدرته في محبته صلى الله عليه وسلم، لعمري إنما يكون جزاؤه من الله الكريم أن
يدخله بفضله جنات النعيم “maka jika Abu Lahab yang kafir yang diturunkan ayat
al-Qur’an untuk mencelanya masih diberi ganjaran kebaikan didalam neraka karena
bergembira pada malam Maulid Nabi, lantas bagaimana dengan seorang Muslim yang
mentauhidkan Allah, yang merupakan umat dari Nabi (صلى اله عليه وسلم) yang
senang dengan kelahiran Beliau dan menafkahkan apa yang dia mampu demi
kecintaannya kepada Nabi (صلى اله عليه وسلم). Demi Allah, sesungguhnya yang
pantas bagi mereka berupa balasan dari Allah yang Maha Pemurah adalah
memasukkan mereka dengan keutamannya kedalam surga yang penuh kenikmatan”[8]
Pendapat Al-Imam Yafi'i
Al-Yamaniy Rahimahullah (wafat 768 H) turut menuturkan keutamaan
Maulid Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam,
وقال الامام اليافعي اليمنى: من جمع
لمولد النبي (ص) إخوانا وهيأ طعاما وأخلى مكانا وعمل إحسانا وصار سببا لقراءة مولد
الرسول بعثه الله يوم القيامة مع الصديقين والشهداء والصالحين ويكون في جنات
النعيم “Dan berkata Imam Al-Yafi’iy Al-Yamani : “Barangsiapa yang mengumulkan
saudara-saudaranya untuk (merayakan) Maulid Nabi, menyajikan makanan, beramal
yang baik dan menjadikannya untuk pembacaan Maulid ar-Rasul, maka Allah akan membangkitkan
pada hari Kiamat bersama para Shadiqin, Syuhada, Shalihin dan menempatkannya
pada tempat yang tinggi” [9]
Pendapat Al-Hafidz Al-Imam
Al-Muhaddits Syamsuddin bin Nashiruddin Ad-Damasyqiy (777 H - 842 H) yang
telah mengarang kitab Maulid, diantaranya kitab Jami’ul Atsar fi Maulidin
Nabiyyil Mukhtar (terdiri dari 3 jilid), Al-Lafdzur Roiq fi Maulidi Khayril
Khalaiq (bentuknya ringkas), Mauridush Shadi fi Maulidil Had. Beliau mengatakan
(dalam sebuah syair),
إذا كان هـذا كافرا جـاء ذمـه وتبت
يـداه في الجحـيم مخـلدا أتى أنـه في يـوم الاثنين دائـما يخفف عنه للسـرور
بأحــمدا فما الظن بالعبد الذي طول عمره بأحمد مسرورا ومات موحـــدا “Jika orang
kafir yang telah datang (tertera) celaan baginya (yakni) “dan celakalah kedua
tangannya didalam neraka Jahannam kekal didalamnya” ; “Telah tiba pada (setiap)
hari senin untuk selamanya diringankan (siksa) darinya karena bergembira ke
(kelahiran) Ahmad ; “lantas bagaimanakah dugaan kita terhadap seorang hamba
yang sepanjang usia, karena (kelahiran) Ahmad, lantas ia selalu bergembira dan
tauhid menyertai kematiannya ???”[10]
Fatwa Al-Imam Asy-Syeikhul
Islam Al-Hafidz Abu Al-Fadhl Ahmad Ibnu Hajar Al-Asqalaniy (773 H - 852H),
yang telah mensyarah kitab monumental Imam Bukhari (Shahih Bukhari), dan beliau
beri nama dengan kitabnya tersebut dengan nama Fathul Bari ‘alaa Shahih
Bukhari. Beliau memfatwakan bahwa amal Maulid termasuk ke dalam bid’ah Hasanah
(perkara baru yang bagus) dan beliau juga mendapati dasar syara’ yang sangat
terang mengenai peringatan Maulid Nabi,
أصل عمل المولد بدعة لم تنقل عن أحد
من السلف الصالح من القرون الثلاثة، ولكنها مع ذلك قد اشتملت على محاسن وضدها، فمن
تحرى في عملها المحاسن وتجنب ضدها كان بدعة حسنة، وإلا فلا “Asal amal Maulid
adalah bid’ah, tidak pernah ada perkataan (perbincangan) dari salafush shaleh
dari kurun ke tiga, dan akan tetapi bersamanya mencakup (mengandung)
kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan. Maka barangsiapa yang mengambil
kebaikan-kebaikannya pada amal Maulid dan menjauhi keburukannya maka
itulah bid’ah Hasanah (بدعة حسنة), dan jika tidak (menjauhi keburukannya)
maka tidak (bukan bid’ah Hasanah)” [11]
Lebih lanjut lagi, beliau
memfatwakan dasar yang sangat jelas tentang peringatan Maulid Nabi,
وقد ظهر لي تخريجها على أصل ثابت، وهو
ما ثبت في الصحيحين من أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود
يصومون يوم عاشوراء فسألهم؟ فقالوا: هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن
نصومه شكرا لله تعالى، فيستفاد منه فعل الشكر لله على ما مَنَّ به في يوم معين من
إسداء نعمة أو دفع نقمة، ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة، والشكر لله يحصل
بأنواع العبادة كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة، وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز
هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم “dan sungguh telah jelas bagiku bahwa apa
yang dikeluarkan (diriwayatkan) atas asal penetapan (hokum Maulid), sebagaimana
yang ditetapkan didalam Ash-Shahihayn bahwa sesungguhnya Nabi datang ke
Madinah, maka (beliau) menemukan orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura’,
Rasulullah bertanya kepada mereka (tentang puasa tersebut)? Maka mereka
menjawab : “Padanya adalah hari dimana Allah telah menenggelamkan Fir’aun dan
menyelamatkan (Nabi) Musa, maka kami berpuasa untuk bersyukur kepada Allah Yang
Maha Tinggi (atas semua itu)”. Maka faidah yang bisa diambil dari hal tersebut
adalah bahwa (kebolehan) bersyukur kepada Allah atas sesuatu (yang terjadi)
baik karena menerima sebuah kenikmatan yang besar atau penyelamatan (terhindar)
dari bahaya, dan bisa diulang-ulang perkara (syukuran) tersebut pada hari (yang
sama) setiap tahun. Adapun syukur kepada Allah dapat dilakukan dengan
bermacam-macam Ibadah seperti sujud (sujud syukur), puasa, shadaqah dan tilawah
(membaca al-Qur’an). dan sungguh adakah nikmat yang paling agung (besar) dari
berbagai nikmat (yang ada) selain kelahiran Nabi (Muhammad) Nabi yang penyayang
pada hari (peringatan Maulid) itu ?” [12]
Pendapat A-Imam Al-Hafidz
Muhammad bin Abdurrahman Al-Qahiriy, dikenal dengan nama Al-Imam As-Sakhawiy
(831 H – 902 H), beliau juga dikenal sebagai Ahli sejarah di Madinah,
penulis kitab Adh-Dhaw’ul Lami’. Beliau juga telah menyusun sebuah karya Maulid
yang diberi judul “Al-Fakhrul ‘Ulwi fil Mawlidin Nabawiy”
لَمْ يُنْقَلْ عَنْ أَحَدٍ مِنَ
السَّلَفِ الصَّالِحِ فِيْ الْقُرُوْنِ الثَّلاَثَةِ الْفَاضِلَةِ، وَإِنَّمَا
حَدَثَ بَعْدُ، ثُمَّ مَا زَالَ أَهْـلُ الإِسْلاَمِ فِيْ سَائِرِ الأَقْطَارِ
وَالْمُـدُنِ الْعِظَامِ يَحْتَفِلُوْنَ فِيْ شَهْرِ مَوْلِدِهِ -صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّفَ وَكَرَّمَ- يَعْمَلُوْنَ الْوَلاَئِمَ الْبَدِيْعَةَ
الْمُشْتَمِلَةَ عَلَى الأُمُوْرِ البَهِجَةِ الرَّفِيْعَةِ، وَيَتَصَدَّقُوْنَ
فِيْ لَيَالِيْهِ بِأَنْوَاعِ الصَّدَقَاتِ، وَيُظْهِرُوْنَ السُّرُوْرَ،
وَيَزِيْدُوْنَ فِيْ الْمَبَرَّاتِ، بَلْ يَعْتَنُوْنَ بِقِرَاءَةِ مَوْلِدِهِ
الْكَرِيْمِ، وَتَظْهَرُ عَلَيْهِمْ مِنْ بَرَكَاتِهِ كُلُّ فَضْلٍ عَمِيْمٍ
بِحَيْثُ كَانَ مِمَّا جُرِّبَ “Tidak pernah dikatakan (perbincangkan) dari
salah seorang ulama Salafush Shaleh pada kurun ke tiga yang mulya dan sungguh
itu baru ada setelahnya. Kemudian umat Islam diseluruh penjuru daerah dan
kota-kota besar senantiasa memperingati Maulid Nabi (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَشَرَّفَ وَكَرَّمَ) dibulan kelahiran Beliu. Mereka mengadakan
jamuan yang luar biasa dan diisi dengan perkara-perkara yang menggembirakan
serta mulya, dan bershaqadah pada malam harinya dengan berbagai macam shadaqah,
menampakkan kegembiraan, bertambahnya kebaikan bahkan diramaikan dengan
pembacaan (buku-buku) Maulid Nabi yang mulya, dan menjadi teranglah (jelaslah)
keberkahan dan keutamaan (Maulid Nabi) secara merata dan semua itu telah
teruji.[13]
Selanjutnya,
ثُمَّ قَالَ: “قُلْتُ: كَانَ
مَوْلِدُهُ الشَّرِيْفُ عَلَى الأَصَحِّ لَيْلَةَ الإِثْنَيْنِ الثَّانِيَ عَشَرَ
مِنْ شَهْرِ رَبِيْع الأَوَّلِ، وَقِيْلَ: لِلَيْلَتَيْنِ خَلَتَا مِنْهُ،
وَقِيْلَ: لِثَمَانٍ، وَقِيْلَ: لِعَشْرٍ وَقِيْلَ غَيْرُ ذَلِكَ، وَحِيْنَئِذٍ
فَلاَ بَأْسَ بِفِعْلِ الْخَيْرِ فِيْ هذِهِ الأَيَّامِ وَاللَّيَالِيْ عَلَى
حَسَبِ الاسْتِطَاعَةِ بَلْ يَحْسُنُ فِيْ أَيَّامِ الشَّهْرِ كُلِّهَا
وَلَيَالِيْهِ “Kemudian (beliau) berkata : “aku katakan : adanya (tanggal)
kelahiran Nabi Asy-Syarif yang paling shahih adalah pada malam Senin, 12
Rabi’ul Awwal. Dikatakan (qoul yang lain) : pada malam tanggal 2, dikatakan
juga pada tanggal 8, 10 dan lain sebagainya. Maka dari itu, tidak mengapa
mengerjakan kebaikan pada setiap hari-hari ini dan malam-malamnya dengan
persiapan (kemampuan) yang ada bahkan bagus dilakukan pada hari-hari dan
malam-malam bulan (Rabi’ul Awwal)”[14]
Fatwa Al-Imam Al-Hafidz
Jalaluddin As-Suyuthiy (849 H - 911 H), didalam kitabnya beliau menuturkan
bahwa sangat jelas dasar syara’ mengenai peringatan Maulid Nabi,
وقد ظهر لي تخريجه على أصل آخر، وهو
ما أخرجه البيهقي عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم عق عن نفسه بعد النبوة، مع
أنه قد ورد أن جده عبد المطلب عق عنه في سابع ولادته، والعقيقة لا تعاد مرة ثانية
فيحمل ذلك على أن الذي فعله النبي صلى الله عليه وسلم إظهار للشكر على إيجاد الله
إياه رحمة للعالمين، وتشريع لأمته كما كان يصلي على نفسه، لذلك فيستحب لنا أيضا إظهار
الشكر بمولده بالاجتماع وإطعام الطعام ونحو ذلك من وجوه القربات وإظهار المسرات
“dan sungguh sangat jelas bagiku yang dikeluarkan (diriwayatkan) atas asal yang
lain (dari pendapat Imam Ibnu Hajar) yaitu apa yang diriwayatkan oleh Al-Imam
Al-Baihaqiy dari Anas bahwa sesungguhnya Nabi (صلى الله عليه وسلم)
mengaqiqahkan dirinya sendiri sesudah (masa) kenabian, (padahal) sesungguhnya
telah dijelaskan (riwayat) bahwa kakek beliau Abdul Mutthalib telah
mengaqiqahkan (untuk Nabi) pada hari ke tujuh kelahirannya. adapun aqiqah tidak
ada perulangan dua kali, maka dari itu sungguh apa yang dilakukan oleh Nabi
(صلى الله عليه وسلم) menerangkan tentang (rasa) syukur beliau karena Allah
telah mewujudkan (menjadikan) beliau sebagai rahmat bagi semesta alam, dan
sebagai landasan bagi umatnya. Oleh karena itu, maka juga boleh
(mustahab/patut) bagi kita untuk menanamkan (menerangkan) rasa syukur kita
dengan kelahirannya (Rasulullah) dengan mengumpulkan (kaum Muslimin),
menyajikan makanan dan semacamnya dari (sebagai) perwujudan untuk mendekatkan
diri (kepada Allah) dan menunjukkan kegembiraan (karena kelahiran beliau)”.
[15]
Fatwa beliau lainnya menyatakan bahwa orang yang memperingati Maulid Nabi
akan mendapatkan pahala dan peringatan Maulid Nabi termasuk kedalam bid’ah
hasanah. Beliau ditanya tentang Maulid Nabi,
فقد وقع السؤال عن عمل المولد النبوي
في شهر ربيع الأول، ما حكمه من حيث الشرع؟ وهل هو محمود أو مذموم؟ وهل يثاب فاعله
أو لا؟ الجـــــواب عندي أن أصل عمل المولد الذي هو اجتماع الناس وقراءة ما تيسر
من القرآن ورواية الأخبار الواردة في مبدأ أمر النبي صلى الله عليه وسلم وما وقع
في مولده من الآيات ثم يمد لهم سماط يأكلونه وينصرفون من غير زيادة على ذلك هو من
البدع الحسنة التي يثاب عليها صاحبها لما فيه من تعظيم قدر النبي صلى الله عليه
وسلم وإظهار الفرح والاستبشار بمولده الشريف وأول من أحدث فعل ذلك صاحب اربل الملك
المظفر أبو سعيد كوكبرى بن زين الدين علي بن بكتكين أحد الملوك الأمجاد والكبراء
الأجواد، وكان له آثار حسنة، وهو الذي عمر الجامع المظفري بسفح قاسيون “Sungguh
telah ada pertanyaaan tentang peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabiul awwal,
tentang bagaimana hukumnya menurut syara’ dan apakah termasuk kebaikan atau
keburukan serta apakah orang yang memperingatinya mendapatkan pahala ?”
Jawabannya, menurutku pada dasarnya amal Maulid itu adalah berkumpulnya
manusai, membaca apa yang dirasa mudah dari Al-Qur’an, riwayat hadits-hadits
tentang permualaan perintah Nabi serta tanda-tanda yang datang mengiringi
kelahiran Nabi kemudian disajikan beberapa hidangan bagi mereka selanjutnya
mereka bubar setelah itu tanpa ada tambahan-tambahan lain, itu termasuk kedalam
Bid’ah Hasanah (bid’ah yang baik) yang diberi pahala bagi orang yang
merayakannya. Karena perkara didalamnya adalah bagian dari pengagungan terhadap
kedudukan Nabi dan merupakan menampakkan rasa gembira dan suka cita dengan kelahiran
yang Mulya (Nabi Muhammad, dan yang pertama mengadakan hal semacam itu
(perayaan besar) adalah penguasa Irbil, Raja al-Mudhaffar Abu Sa’id Kaukabri
bin Zainuddin Ali Ibnu Buktukin, salah seorang raja yang mulya, agung dan
demawan. Beliau memiliki peninggal yang hasanah/baik (آثار حسنة), dan beliau
lah yang membangun al-Jami’ al-Mudhaffariy dilembah Qasiyun”. [16]
Al-Imam As-Suyuthiy juga memfatwakan
ketika ada syubhat yang menyatakan bahwa memperingati wafatnya Nabi itu lebih
pantas daripada memperingati Maulid Nabi, dalam hal ini beliau membantahnya
sebagai berikut,
إن ولادته صلى الله عليه وسلم أعظم
النعم علينا، ووفاته أعظم المصائب لنا، والشريعة حثت على إظهار شكر النعم، والصبر
والسلوان والكتم عند المصائب، وقد أمر الشرع بالعقيقة عند الولادة، وهي إظهار شكر
وفرح بالمولود، ولم يأمر عند الموت بذبح ولا غيره، بل نهى عن النياحة وإظهار
الجزع، فدلت قواعد الشريعة على أنه يحسن في هذا الشهر إظهار الفرح بولادته صلى
الله عليه وسلم دون إظهار الحزن فيه بوفاته “Sesungguhnya kelahiran Nabi
(صلى الله عليه وسلم) adalah paling agungnya kenikmatan bagi kita semua, dan
wafatnya Beliau (صلى الله عليه وسلم) adalah musibah yang paling besar bagi kita
semua. Adapun syariat menganjurkan (menampakkan) untuk mengungkapkan rasa
syukur dan kenikmatan. Dan bersabar serta tenang ketika tertimpa mushibah. Dan
sungguh syari’at memerintahkan untuk (menyembelih) beraqiqah ketika (seorang
anak) lahir, dan supaya menampakkan rasa syukur dan bergembira dengan
kelahirannya, dan tidak memerintahkan untuk menyembelih sesuatu atau melakukan
hal yang lain ketika kematiannya, bahkan syariat melarang meratap (an-niyahah)
dan menampakkan keluh kesah (kesedihan). Maka (dari sini) jelas bahwa
kaidah-kaidah syariat menunjukkan yang baik baik (yang paling layak) pada bulan
ini (bulan Maulid) adalah menampakkan rasa gembira atas kelahirannya (Nabi
Muhammad صلى الله عليه وسلم) dan bukan (malah) menampakkan kesedihan
(mengungkapkan) kesedihan atas wafatnya Beliau" [17]
Bantahan beliau, sebagaimana juga
pernyataan Al-Imam Ibnu Rajab,
وقد قال ابن رجب في كتاب اللطائف في
ذم الرافضة حيث اتخذوا يوم عاشوراء مأتما لأجل قتل الحسين: لم يأمر الله ولا رسوله
باتخاذ أيام مصائب الأنبياء وموتهم مأتما فكيف ممن هو دونهم “dan sungguh telah
berkata Ibnu Rajab di dalam kitab “al-Lathif” (اللطائف) tentang celaan terhadap
‘Ar-Rafidlah’ bahwa mereka telah menjadikan hari Asyura sebagai hari berkabung
(bersedih) karena bertepatan dengan hari (pembunuhan) wafatnya sayyidina Husain
: Sedangkan Allah dan Rasul-Nya tidak pernah memerintahkan untuk menjadikan
hari-hari mushibah dan kematian para Nabi sebagai hari bersedih, maka bagaimana
dengan orang derajatnya berada dibawah mereka ?” [18]
Lebih jauh lagi, Al-Imam As-Suyuthiy
menjelaskan keutamaan tempat dan orang yang memperingati Maulid Nabi,
قال سلطان العارفين جلال الدين
السيوطي في كتابه الوسائل في شرح الشمائل: ما من بيت أو مسجد أو محلة قرئ فيه مولد
النبي (صلى الله عليه وسلم) هلا حفت الملائكة بأهل ذلك المكان وعمهم الله بالرحمة
والمطوقون بالنور - يعني جبريل وميكائل وإسرافيل وقربائيل وعينائيل والصافون
والحافون والكروبيون - فإنهم يصلون على ما كان سببا لقراءة مولد النبي صلى الله
عليه وسلم “Berkata Shulthan Al-‘Arifin Jalaluddin As-Suyuthiy didalam kitabnya
“al-Wasail fiy Syarhi Asy-Syamil” : "tiada sebuah rumah atau masjid atau
tempat pun yang dibacakan didalamnya Maulid Nabi (صلى الله عليه وسلم) melainkan
dipenuhi Malaikat yang meramaikan penghuni tempat itu (menyelubunyi tempat itu)
dan Allah merantai Malaikat itu dengan rahmat dan Malaikat bercahaya
(menerangi) itu antara lain Malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Qarbail, 'Aynail,
ash-Shaafun, al-Haafun dan al-Karubiyyun. Maka sesungguhnya mereka (malaikat)
itulah yang mendo’akannya karena membaca Maulid Nabi" [19]
Lanjut lagi,
قال: وما من مسلم قرئ في بيته مولد
النبي (صلى الله عليه وسلم) إلا رفع الله تعالى القحط والوباء والحرق. والآفات
والبليات والنكبات والبغض والحسد وعين السوء واللصوص عن أهل ذلك البيت، فإذا مات
هون الله تعالى عليه جواب منكر ونكير، وكان في مقعد صدق عند مليك مقتدر “tiada
seorang Muslim pun yang didalam rumahnya dilakukan pembacaan Maulid Nabi
shallallahu ‘alayhi wa sallam kecuali Allah akan mengangkat wabah kemarau,
kebakaran, karam, kebinasaan, kecelakaan, kebencian, hasad dan pendengaran yang
jahat, (terhindar) dari pencuri ahli-ahli rumah tersebut. Maka jika apabila
mati, Allah akan memudahkan baginya dalam menjawab (pertanyaan) Malaikat Munkar
dan Nakir. Dan mereka akan ditempatkan didalam tempat yang benar pada sisi-sisi
raja yang berkuasa” [20]
Pendapat Al-Imam Ibnu
Al-Hajj Al-Maliki Rahimahullah (ulama madzhab Malikiyyah),
قال ابن الحاج رحمه الله تعالى فكان
يجب أن نزداد يوم الاثنين الثاني عشر من ربيع الأول من العبادات والخير شكرا
للمولى على ما أولانا من هذه النعم العظيمة وأعظمها ميلاد المصطفى صلى الله عليه
وسلم “Menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk memperbanyak kesyukuran kepada
Allah setiap hari Senin bulan Rabi’ul Awwal karena Dia (Allah) telah
mengaruniakan kepada kita nikmat yang sangat besar dengan lahirnya Al-Musthafa
Shallallahu ‘Alayhi wa Sallam” [21]
وقال أيضا: ومن تعظيمه صلى الله عليه
وآله وسلم الفرح بليلة ولادته وقراءة المولد “berkata lagi, dan mengagungkan Nabi
shallallahu ‘alayhi wa sallam adalah gembira pada malam kelahirannya dan
melakukan pembacaan Maulid Nabi” [22]
Pendapat seorang Imam yang besar,
tokoh yang sangat terkenal, penjaga Islam, tumpuan banyak orang, tempat rujukan
para Ahli hadits yang sangat terkenal, Al-Hafidz Abdurrahim bin
Al-Husain bin Abdurrahman Al-Mishriy yang terkenal dengan Al-Hafidz Al-Iraqiy
(wafat 808 H). Beliau memiliki kitab Maulid yang dinamakan dengan
“Al-Mawridul Haniy fiy Mawlidis Saniy”,
إن اتخاذ الوليمة وإطعام الطعام مستحب
في كل وقت، فكيف إذا انضم إلى ذلك الفرح والسرور بظهور نور النبي صلى الله عليه
وسلم في هذا الشهر الشريف، ولا يلزم من كونه بدعة كونه مكروها، فكم من بدعة مستحبة
بل قد تكون واجب “Sungguh melakukan perayaan (walimah) dan memberikan makan
disunnahkan pada setiap waktu, apalagi jika padanya disertai dengan kesenangan
dan kegembiraan dengan kehadiran Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam pada
bulan yang mulya ini, dan tidaklah setiap bid’ah itu makruh (dibenci), betapa
banyak bid’ah yang disunnahkan bahkan diwajibkan” [23]
Pendapat Al-Imam Ibnu
‘Abidin didaam kitab syarahnya atas kitab Maulid Imam Ibnu Hajar,
قال ابن عابدين في شرحه على مولد ابن
حجر اعلم أن من البدع المحمودة عمل المولد الشريف من الشهر الذي ولد فيه صلى الله
عليه وسلم، وقال أيضاً: فالاجتماع استماع قصة صاحب المعجزات عليه أفضل الصلوات
وأكمل التحيات من أعظم القربات لما يشتمل عليه من المعجزات وكثرة الصلوات
“Ketahuilah olehmu bahwa sebagian dari perkara baru yang terpuji (bid’ah
mahmudah) adalah amal Maulid Nabi Asy-Syarif pada bulan yang mana Nabi shallallahu
‘alayhi wa sallam di lahirkan didalamnya”,,,[24]
Pendapat Asy-Syekh Husnain
Muhammad Makhluf (Syeikhul Azhar) Rahimahullah,
وقال الشيخ حسنين محمد مخلوف شيخ
الأزهر رحمه الله تعالى إن من إحياء ليلة المولد الشريف، وليالي هذا الشهر الكريم
الذي أشرق فيه النور المحمدي إنما يكون بذكر الله وشكره لما أنعم به على هذه الأمة
من ظهور خير الخلق إلى عالم الوجود، ولا يكون ذلك إلا في أدب وخشوع وبعد عن
المحرمات والبدع والمنكرات، ومن مظاهر الشكر على حبه مواساة المحتاجين بما يخفف
ضائقتهم وصلة الأرحام، والإحياء بهذه الطريقة وإن لم يكن مأثور في عهده صلى الله
عليه وسلم ولا في عهد السلف الصالح إلا أنه لا بأس به وسنة حسنة “Sunggung
barangsiapa menghidupkan malam Maulid Nabi Asy-Syarif dan malam-malam-malam
bulan yang mulya ini yang menerangi didalamnya dengan cahaya Muhammadiy yaitu
dengan berdzikir kepada Allah, bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan
kepada umat ini termasuk dilahirkannya makhluk terbaik (Nabi Muhammad) ke ala
mini, dan tidak ada yang demikian itu kecuali dengan sebuah akhlak dan
kekhusuan serta menjauhi hal-hal yang diharamkan, amalan bid’ah serta
kemungkaran-kemungkaran. Dan termasuk menampakkan kesyukuran sebagai bentuk
kecintaan yaitu menyantuni orang-orang tidak mampu, menjalin shilaturahim dan
menghidupkan dengan cara ini walaupun tidak ada pada zaman Rasulullah
shallallahu ‘alayhi wa sallam dan tidak pula ada dimasa salafush shaleh adalah
tidak apa-apa serta termasuk sunnah hasanah” [25]
Pendapat Asy-Syekh Muhammad
Mutawalla Asy-Sya’rawiy Rahimahullah,
قال الشيخ محمد متولي الشعراوي رحمه
الله تعالى وإكراماً لهذه المولد الكريم، فإنه يحق لنا أن نظهر معالم الفرح و
الابتهاج بهذه الذكرى الحبيبة لقلوبنا كل عام، وذلك بالاحتفال بها من وقتها
“Melakukan penghormatan untuk Maulid yang mulya ini, maka sesungguhnya itu hak
bagi kita untuk menampakkan kegembiraan dan ..[26]
Pendapat Al-Imam Ibnu Hajar
Al-Haitsamiy Rahimahullah,
قد قال ابن حجر الهيثمي رحمه الله
تعالى والحاصل أن البدعة الحسنة متفق على ندبها، وعمل المولد واجتماع الناس له
كذلك، أي بدعة حسنة “walhasil, sesungguhnya bid’ah hasanah itu selarasa dengan
sebuah kesunnahan, dan amal Maulid Nabi serta berkumpulnya manusia untuk
memperingati yang demikian adalah bid’ah hasanah” [27]
Pendapat Al-Imam Al-Hafidz
Al-Qasthalaniy Rahimahullah,
فرحم الله امرءا اتخذ ليالي شهر مولده
المبارك أعيادا، ليكون أشد علة على من في قلبه مرض وإعياء داء “maka Allah akan
memberikan rahmat bagi orang-orang yang menjadian Maulid Nabi yang penuh berkah
sebagai perayaan…”[28]
الإمام القسطلاني ت 922 هـ من جواز
الاحتفال بالمولد النبوي بما هو مشروع لا منكر فيه، واستشف هذا الجواز من حديث
البخاري في باب الجنائز من كون أبى بكر الصديق تمنى الموت في هذا اليوم لكونه
اليوم الذي ولد فيه الرسول صلى الله عليه وسلم و فيه توفي “sebagain dari
kebolehan merayakan Maulid Nabi Nabawi dengan perkara yang masyru’
(disyariatkan) bukan dengan kemungkaran, [29]
Pendapat Al-Imam Al-Alusiy dalam
kitab tafsirnya,
ما استنبطه الألوسى من تفسير قول الله
تعالى "قل بفضل الله و رحمته فبذلك فليفرحوا" الآية 58 يونس. فالرسول
صلى الله عليه وسلم رحمة كما قال عز و جل "وما أرسلناك إلا رحمة
للعالمين" الآية 107 الأنبياء. و كما جاء في الحديث: "إنما أنا رحمة
مهداة" رواه الحاكم في مستدركه عن أبى هريرة. فوجب من هنا الاحتفال و الفرح
بهذه الرحمة “Firman Allah, “Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan
rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira” (Yunus : 58), dan Rasulullah
shallallahu ‘alayhi wa sallam adalah rahmat sebagaimana yang di firmankan Allah
‘azza wa jallah, “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi)
rahmat bagi semesta alam”, sebagaiman juga didalam hadits, “sesungguhnya aku
adalah rahmat yang dihadiahkan Allah” (riwayat Imam Hakim dalam ktab
Mustadraknya dari Abu Hurairah), maka wajib bagi sebagian dari kita untuk
merayakannya dan bergembira dengan rahmat ini” [30]
Pendapat Al-‘Allamah
Asy-Syekh Ahmad Zaini Dahlan, mantan Mufti Madzhab Syafi’iyyah di Mekkah,
العادة أن الناس إذا سمعوا ذكرى وضعه
صلى الله عليه وسلم يقومون تعظيما له صلى الله عليه وسلم و هذا قيام مستحب لما فيه
من تعظيم النبي صلى الله عليه وسلم، و قد فعل ذلك كثير من علماء الأمة الذين نقتدي
بهم “Kebiasaan manusia ketika disebut tentang Nabi shallallahu ‘alayhi wa
sallam berdiri untuk menghormati beliau dan berdiri ini disunnahkan untuk
menghormati Nabi, dan sungguh telah banyak ulama kaum Muslimin yang melakukan
seperti yang demikian”’ [31]
Pendapat Al-'Allamah
As-Syekh As-Sayyid Muhammad Ibnu Alwi Al-Maliki Al-Hasaniy Rahimahullah,
إننا نرى أن الاحتفال بالمولد النبوي
الشريف ليست له كيفية مخصوصة لابد من الالتزام أو إلزام الناس بها ، بل إن كل ما
يدعو إلى الخير ويجمع الناس على الهدى و يرشدهم إلى ما فيه منفعتهم في دينهم
ودنياهم يحصل به تحقيق المقصود من المولد النبوي ولذلك فلو اجتمعنا على شئ من
المدائح التي فيها ذكر الحبيب صلّىالله عليه وسلّم وفضله وجهاده وخصائصه ولم نقرأ
القصة التي تعارف الناس على قراءتها واصطلحوا عليها حتى ظن البعض أن المولد النبوي
لا يتم إلا بها ، ثم استمعنا إلى ما يلقيه المتحدثون من مواعظ وإرشادات وإلى ما
يتلوه القارئ من آيات “Kami memandang sesungguhnya memperingati Maulid Nabi yang
mulya itu tidak mempunyai bentuk-bentuk yang khusus yang mana semua orang harus
dan diharuskan untuk melaksanakannya. Akan tetapi segala sesuatu yang dilakukan,
yang dapat menyeru dan mengajak manusia kepada kebaikan dan mengumpulkan
manusia atas petunjuk (agama) serta menunjuki mereka kepada hal-hal yang
membawa manfaat bagi mereka, untuk dunia dan akhirat maka hal itu dapat
digunakan untuk memperingati Maulid Nabi, Oleh karena itu andaikata kita
berkumpul dalam suatu majelis yang disitu dibacakan puji-pujian yang menyanjung
Al-Habib (Sang Kekasih yakni Nabi Muhammad), keutamaan beliau, jihad
(perjuangan) beliau, dan kekhususan-kekhususan yang berada pada beliau ; lalu
kita tidak membaca kisah Maulid Nabi – yang telah dikenal oleh berbagai
kalangan masyarakat dan mereka menyebutnya dengan istilah “Maulid” (seperti
Maulid Diba’, Barzanji, Syaraful Anam, Al-Habsyi, dan lain sebagainya), yang
nama sebagian orang menyangka bahwa peringatan Maulid Nabi itu tidak lengkap
tanpa pembacaan kisah-kisah Maulid tersebut- kemudian kita mendengarkan
mau’idzah-mau’idzoh (peringatan-peringatan), pengarahan-pengarahan,
nasehat-nasehat yang disampaikan oleh para ulama dan ayat-ayat al-Qur’an yang
dibacakan oleh seorang Qari" [32]
Lebih lanjut,
أقول : لو فعلنا ذلك فإن ذلك داخل تحت
المولد النبوي الشريف ويتحقق به معنى الاحتفال بالمولد النبوي الشريف ، وأظن أن
هذا المعنى لا يختلف عليه اثنان ولا ينتطح فيه عنـزان "andaikan kita melakukan
itu semua maka itu sama halnya dengan kita membaca kisah Maulid Nabi yang Mulya
tersebut dan itu termasuk dalam makna memperingati Maulid Nabi yang Mulya. Dan
saya yakin bahwa peringatan yang saya maksudkan ini tidak menimbulkan perbedaan
serta adu domba antara dua kelompok"[33]
Demikianlah yang bisa kami sebutkan
mengenai fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat ulama-ulama besar nan agung Kaum
Muslimin, masih banyak fatwa ulama lainnya yang dituturkan dalam kitab mereka
seperti fatwa al-‘arif billah Abu Abdullah Muhammad bin Ibad, Asy-Syekh DR.
Asy-Syarbasiy, Al-Imam Taqiyuddin As-Subki, Asy-Syekh Rasyid Ridla, Al-Imam
Al-Wansyarsiy termasuk juga Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah * dan lain
sebagainya. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari tipudaya para penipu yang
senantiasa mengincar umat Islam untuk dijauhkan dari ulama yang benar-benar
mumpuni, yang lebih paham akan agama ini. Amin..!!! Abdurrohim
ats-Tsauriy Catatan Kaki : 1. Kitab I’anah Thalibin (Syarah
Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid
Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 2. Ibid, hal. 415.
3. Kitab Madarijus Su’uud hal. 16, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh An-Nawawiy
Ats-Tsaniy (Sayyid Ulama Hijaz) 4. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in)
Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha
Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 5. Ibid, hal. 415. 6. Ibid, hal.
416 ; kitab As-Sirah Al-Halabiyah (1/83-84) karangan Al-Imam ‘Ali bin
Burnahuddin Al-Halabiy. 7. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3
hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha
Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 8. Ibid, hal. 415 ; kitab Anwarul
Muhammadiyah hal.20, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh Yusuf An-Nabhaniy. Darul
Kutub Al-Ilmiyyah, Beirut – Lebanon. 9. Ibid, hal. 415. 10. Kitab Husnul
Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy 11.
Ibid. 12. Ibid. 13. Tercantum dalam kitab Al-Ajwibah al-Mardliyyah ; Kitab
I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah
Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon
; kitab As-Sirah Al-Halabiyah (1/83-84) karangan Al-Imam ‘Ali bin Burnahuddin
Al-Halabiy 14. Ibid. 15. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam
Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy. 16. Ibid ; kitab Al-Hawi Al-Fatawi hal. 189,
karangan Al-Imam As-Suyuthiy ; kitab I’anatut Thalibin Juz 3 Hal. 415 ,
karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul
Fikr, Beirut – Lebanon ; Tuhfatul Muhtaj (تحفة المحتاج في شرح المنهاج) pada
fasal (فَصْلٌ فِي وَلِيمَةِ الْعُرْسِ) karangan Al-Imam Ibnu Hajar Al-Haitamiy.
17. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin
As-Suyuthiy. 18. Ibid. 19. Kitab I’anatut Thalibin Juz 3 Hal. 415 , karangan
Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr,
Beirut – Lebanon. 20. Ibid. ; Kitab Al-Wasail fiy Syarh Al-Masaail lis-Suyuthiy
21. Kitab Al-Madhkal, karangan Al-Imam Ibnu Al-Hajj jilid.1 hal. 261 22. Ibid.
23. Kitab Ad-Durar As-Saniyyah (الدرر السنية) hal. 190. 24. Kitab Syarah ‘Alaa
Maulid Al-Imam Ibnu Hajar. 25. Kita Fatawa Syar’iyyah (1/131) 26. Kiab ‘Alaa
Maidah Al-Fikr Al-Islami (على مائدة الفكر الإسلامي) hal. 25. 27. Pendapat Imam
Ibnu Hajar Al-Haitsamiy 28. Kitab Mawahid Al-Ladunniyah (1/148) –Syarh ‘alaa
Shahih Bukhari-, karangan Al-Imam AL-Qasthalaniy 29. Ibid. 30. Kitab Tafsir
Al-Imam Al-Alusiy 31. Lihat : Sirah An-Nabawiyah wa Atsar al-Muhammadiyah, catatan
pinggir As-Sirah Al-Halabiyah . 32. Kitab Haulal Ihtifal Bidzikri Al-Maulidin
Nabawi Asy-Syarif. 33. Ibid. *. Mengenai pendapat Imam Ibnu Taimiyah
terdapat dalam kitab Iqthidha’ Shirathal Mustaqim dan perlu penjelasan lebih
rinci. Secara garis besar, Imam Ibnu Taimiyah tergolong ulama yang sangat ketat
dan tidak mentolerir perbedaan apapun. Beliau bukanlah wahabi (sekte yang
dinisbatkan kepada Syekh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah). Mengenai
perayaan yang disyariatkan, menurut beliau wajib mengambilnya, namun mengenai
hari-hari istimewa seperti hari kemenangan perang badar, perang Hunain,
kemenangan pada perang Khandak, hari Fathul Mekkah dan sebagainya, menurut
beliau tidak wajib diambil, demikian juga Maulid Nabi, namun merayakannya akan
mendapatkan pahala disisi Allah.
sumber
Ats Tsaury
Tidak ada komentar:
Posting Komentar